Monday, March 06, 2006

Permainan Kentang

Ada salah satu TK (Taman Kanak-kanak), pada suatu hariguru TK tersebut mengadakan "permainan" menyuruh anak-anak muridnya membawakantong plastik transparan 1 buah dan kentang. Masing-masing kentangtersebut diberi nama berdasarkan nama orang yang dibenci, sehingga jumlahkentangnya tidak ditentukan berapa. Tergantung jumlah orang-orang yangdibenci.

Pada hari yang disepakati, masing-masing murid membawa kentang dalam kantongplastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3, bahkan ada yang 5. Sepertiperintah guru mereka tiap-tiap kentang diberi nama sesuai nama orang yangdibenci. Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebutkemana saja mereka pergi bahkan ke toilet sekalipun selama 1 minggu.

Hari berganti hari kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulaimengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang. Selain berat, baunya jugatidak sedap. Setelah 1 minggu, murid-murid TK tersebut merasa lega karenapenderitaan mereka akan segera berakhir.

Guru bertanya, "Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1 minggu?" Maka keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut, pada umumnya mereka tidakmerasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut kemana pun mereka pergi. Lalu guru tersebut pun menjelaskan apa arti dari "permainan" yang mereka lakukan.

Guru tersebut menjelaskan, "Seperti itulah kebencian yang selalu kitabawa-bawa apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain." Sungguh sangattidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Hanya 1minggu begitu berat rasanya, bagaimana jika kita membawa kebencian ituseumur hidup? Alangkah tidaknyamannya. Bukankah kasih sayang lebih indahdaripada rasa benci dan dendam???" * (Gundolo Sosro)*

No comments: